Bagian Akademik menyelenggarakan fungsi sebagai pelaksana administrasi dan pelayanan akademik di lingkungan Universitas. Bagian Administrasi Akademik dipimpin langsung oleh seorang kepala bagian yang berada di bawah koordinasi Kepala BAAIK.

Kepala Bagian Akademik mempunyai tugas pokok sebagai berikut:

  1. Pelayanan dalam registrasi mahasiswa baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama, menyiapkan Formulir Rencana Studi (FRS) serta pengarsipannya, update status mahasiswa berdasarkan laporan dari program studi;

  2. Menginput FRS diisi dan ditandatangani mahasiswa dan sudah disahkan oleh dosen wali dan ketua program studi, untuk bahan transaksi akademik mahasiswa;

  3. Menginput dan mengupdate kurikulum sesuai kurikulum yang telah ditetapkan oleh program studi dan fakultas masing-masing;

  4. Menginput data mahasiswa sejak mahasiswa melakukan registrasi ulang berdasarkan program studi dan tahun masuk untuk dijadikan master mahasiswa;

  5. Menginput dan mengupdate data dosen sesuai status, program studi, jabatan fungsional, kepangkatan, setelah koordinasi dengan fakultas dan program studi masing-masing untuk dijadikan master dosen;

  6. Menginput jadwal perkuliahan sesuai program studi untuk bahan transkrip dosen;

  7. Menginput nilai mahasiswa untuk bahan transkrip akademik mahasiswa;

  8. Menginput nama lulusan sesuai program studi dan tahun lulus;

  9. Menyiapkan, menyusun, menerbitkan, dan mempublikasikan Kalender Akademik Tahunan universitas berdasarkan data dan informasi kegiatan akademik dari fakultas serta Wakil Rektor I sebagai Pedoman Kegiatan Akademik;

  10. Menerbitkan dan mendistribusikan Kartu Ujian baik Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Semester ke mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus administrasi keuangan yang dibuktikan dengan bukti pelunasan yang dikeluarkan oleh bagian keuangan;

  11. Menyiapkan berkas-berkas ujian (seperti perbanyakan naskah soal, Daftar Hadir Ujian, Berita Acara Pelaksanaan Ujian, Berita Acara Penyerahan Berkas Hasil Ujian, label dan Amplop berkas ujian), untuk didistribusikan ke fakultas;

  12. Mengkoordinir bahan laporan akademik setiap akhir semester, berdasarkan laporan dari program studi, untuk diverifikasi dan dilaporkan melalui situs Forlap PD DIKTI, setelah koordinasi dengan Wakil Rektor I;

  13. Melakukan update data dan hasil kegiatan tri dharma dosen di lingkungan universitas melalui situs Forlap PD DIKTI, setelah koordinasi dengan Wakil Rektor I, serta lembaga terkait;

  14. Melaksanakan penulisan ijazah, akta mengajar, dan transkrip nilai serta proses penandatanganan oleh Dekan dan Rektor setelah mendapat paraf Wakil Rektor I;

  15. Menyiapkan agenda registrasi ijazah, akta mengajar, dan transkrip nilai serta membuat berita acara menyerahkannya, dan pengarsipan berkas-berkas dimaksud, serta proses penandatanganan;

  16. Membantu menyiapkan laporan tahunan Biro Administrasi Akademik, Informasi, dan Kerjasama.