Tupoksi BAAIK

Biro Administrasi Akademik, Informasi, dan Kerjasama (BAAIK) menyelenggarakan fungsi sebagai pelaksana administrasi di bidang urusan akademik, pengolahan data, sistem informasi, kerjasama, dan perencanaan, yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor I. Mempunyai tanggung jawab memberikan layanan administrasi akademik, pengolahan data, dan informasi kepada sivitas akademika, yang dimulai dari proses pendataan (registrasi) mahasiswa baru sampai dengan pelaksanaan wisuda sebagai akhir dari tahapan-tahapan alur administrasi akademik, serta tanggung jawab dalam layanan administrasi perencanaan dan kerjasama.

Kepala BAAIK bertanggungjawab langsung kepada Warek I, dengan tugas pokok sebagai berikut:

  1. Mengkoordinasi pelaksanaan penyenggaraan dan pelayanan administrasi akademik dan informasi di lingkungan universitas sesuai dengan prosedur dan pedoman yang berlaku.

  2. Menyiapkan dan menyusun bahan program akademik dan informasi setelah koordinasi dengan fakultas dan Wakil Rektor I.

  3. Menyiapkan, menyusun, menerbitkan, dan mempublikasikan Kalender Akademik Tahunan universitas berdasarkan data dan informasi kegiatan akademik dari fakultas serta Wakil Rektor I sebagai pedoman kegiatan akademik.

  4. Menerbitkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM).

  5. Mengkoordinasikan, menerbitkan, dan mempublikasikan jadwal perkuliahan dan jadwal ujian semester, serta menyusun pengawas ujian.

  6. Mengkoordinir naskah ujian serta menyiapkan dan pendristribusian berkas ujian semester

  7. Mengarsipkan berkas ijin cuti kuliah dan mutasi mahasiswa baik yang masuk maupun yang keluar.

  8. Menerbitkan, registrasi dan mengarsipkan ijazah, akta mengajar, dan transkrip nilai.

  9. Melaksanakan Penyelenggaraan Wisuda serta kegiatan-kegiatan lain yang bersifat akademik.

  10. Mengkoordinir bahan laporan akademik setiap akhir semester, berdasarkan laporan dari program studi, untuk diverifikasi dan dilaporkan melalui situs Forlap PD DIKTI, setelah koordinasi dengan Wakil Rektor I.

  11. Melakukan update data dan kegiatan dosen di lingkungan universitas melalui situs Forlap PD DIKTI, setelah koordinasi dengan Wakil Rektor I, serta lembaga terkait.

  12. Membantu pimpinan dalam proses pemantauan dan evaluasi berbagai bentuk kerja sama, serta membantu penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis di bidang perencanaan dan kerja sama.

  13. Pembinaan terhadap Kepala Bagian, Kepala sub bagian, dan staf pada Biro Administrasi Akademik, Informasi, dan Kerjasama.

  14. Menyiapkan dan membuat laporan tahunan Biro Administrasi Akademik, Informasi, dan Kerjasama.

Comments are closed.